Rabu, 20 Mei 2015

Tips Dan Trik Ms Excel


Hallo sahabat -sahabat semua yang sudah setia berkunjung halaman blog saya ini. Di hari libur weekend ini mumpung aktivitas offline saya tidak terlalu padat maka saya coba untuk mengupdate blog saya dengan artikel-artikel terbaru ( sebenarnya ga baru-baru amat sih hehe ). Tapi bingung juga nih mau membahas topik apa ya ? karena belum ada inspirasi yang masuk kepikiran nih, eh jangan takut walau begitu saya ga kehabisan akal. Daripada ga ada posting lagi, ntar dikiranya blog ini udah ga aktif lagi, padahal kondisi ini karena kesibukan saya dunia nyata. 
Tips Dan Trik Menggunakan Microsoft Excel
Nah sekarang saya coba untuk merefresh aja artikel-artikel tulisan saya tentang Excel lalu saya kumpulin jadi satu posting di blog ini agar sahabat blog dapat juga dengan mudah melihat kembali tulisan-tulisan saya yang dulu. Sayang sekali kalo cuma mengendap di arsip blog ini padahal masih sangat bermanfaat untuk para sahabat blog iyanzone khususnya yang sedang mencari atau sedang ingin mempelajari tentang bagaimana cara menggunakan microsoft Excel. 
Prinsipnya adalah bagaimana tulisan - tulisan itu dapat juga dimanfaat untuk orang lain dan bermanfaat juga untuk blog ini agar dapat update dengan posting baru. Di posting baru ini yang saya beri judul " Tips Dan Trik Menggunakan Microsoft Excel " adalah lebih bersifat kumpulan atau daftar dari content blog ini yang topiknya tentang Excel. 
Tips dan Trik menggunakan Excel adalah sebagai berikut :

Pastinya bagi para pekerja profesional ataupun para pengusaha serta wiraswasta sangat sering kali mendengar apa yang namanya data. Data secara umum dan jika boleh gue mendefinisikan maka data adalah suatu informasi yang di dalamnya mengandung informasi - informasi lain yang saling mendukung dan terkait satu dengan yang lainnya sebagai bahan referensi dalam membuat sebuah keputusan. Nah keputusan yang gue maksud di sini dapat di gambarkan lagi secara luas, contoh nya seorang manajer akan melihat dan menganalisa suatu data yang berisi informasi - informasi yang berhubungan dengan ruang lingkup kerja untuk membuat sebuah keputusan penting dengan data tersebut sebagai bahan pertimbangannya setelah menganalisa data tersebut maka seorang manajer akan melakukan perencanaan aktivitas untuk perbaikan di masa depan dengan kata lainnya adalah Activity Plan. Contoh dalam hal penggunaan data sangat lah banyak, dengan pertimbangan tersebut maka sebuah data sangat lah penting. Tapi bagaimanakah caranya mengolah dan menganalisa data tersebut ? ini mungkin pertanyaan yang sering di ucapkan oleh orang - orang yang membutuhkan data ataupun yang sehari - harinya bergelut dengan berbagai data. Nah untuk alasan itulah maka gue coba tulis di sini tentang bagaimana caranya mengolah  dan menganalisa data dari excel dengan cepat ?



Excel adalah sebuah software dari microsoft yang di fungsikan untuk berbagai hal dari perhitungan sampai dengan kebutuhan sebuah database. Jika kita yang kebetulan bekerja pada suatu pekerjaan yang mengharuskan kita untuk mengolah data excel dengan cepat untuk penganalisaan maka pada tulisan gue kali ini gue akan coba bantu untuk mempermudah dan mempercepat kerja kita.

Di dalam excel ada fungsi yang di beri nama pivot, coba lihat gambar karena di tunjukan posisi nya dalam excel.
Ok. pada gambar di atas di tunjukan bagaimana caranya memunculkan icon pivot tersebut, setelah itu pilih range data source nya atau area data mana yang akan kita ambil sebagai data referensinya.
Jika pemilihan data kita sudah benar maka pivot table akan secara otomatis terbuat dengan berdasarkan kategori yang kita pilih. Tapi untuk menggunakan pivot tersebut sesuai dengan apa yang kita harapkan maka kita harus pintar - pintar menentukan jenis kategori apa yang akan di jadikan landasan dalam kita mengolah sebuah data tersebut. Karena setelah kita menentukan data source maka kita akan di minta untuk mengatur format bentuk dari pivot itu sendiri. Untuk penjelasan detail tentang pivot table akan gue kupas tuntas pada tulisan gue selanjutnya......ok selamat mencoba.

Dibawah ini daftar Tips-tips  Menggunakan Excel dengan topik yang lebih specifik namun sebelum Anda mempelajari topik excel yang lebih specifik, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu dasar - dasar dan pengertian istilah yang ada di Excel. Dibawah ini beberapa hal yang bisa Anda pelajari: 


Bagaimana menurut Anda, semoga tips dan trik ini dapat bermanfaat bagi Anda.Terima Kasih
 
 
Sumber : Internet
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar